Hyundai KONA Electric Spesifikasi dan Harga

Hyundai KONA Electric Spesifikasi dan Harga

Hyundai KONA Electric merupakan inovasi terbaru sebagai pembuktian bahwa terus adanya inovasi. Dengan tenaga elektrik, desain terkini, rangkaian fitur konektivitas, dan keselamatan yang lebih canggih tentu menempatkan Anda pada barisan trendsetter.

PT Hyundai Motors Indonesia atau HMID meluncurkan mobil listrik pada November 2020. Bahkan menjadi salah satu line up yang memulai ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Tentang Hyundai KONA Electric

Dari segi penampilan, Hyundai membuat tampilan KONA Electric ini menjadi SUV listrik yang memiliki tampilan futuristik. Ditambah dengan berbagai fitur modern yang ada, menambah kesan futuristik pada mobil SUV listrik ini.

Mulai dari Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Shift By Wire, Paddle Shift, Electric Sunroof, Wireless Smartphone Charging Pad, sampai panel instrumen digital yang berukuran 10.25 inci.

Mobil dengan desain yang tergolong unik. Jika dilihat lebih seksama pada bagian desain belakang mobil mencerminkan aura hatchback.

Namun dalam beberapa referensi, tipe bodi mobil ini dikenal dengan istilah liftback. Namun pada dasarnya, liftback merupakan variasi dari hatchback dengan pintu bagasi yang memiliki sudut kemiringan lebih landai.

Hyundai KONA Electric memiliki desain dengan ciri crossover. Dengan beberapa revisi pada tampilan, yang terlihat paling drastis adalah perubahan pada bagian depan mobil. Versi facelift sudah tidak ada lagi, gril dan desain wajah mobil dibuat lebih minimalis.

Namun, soket untuk melakukan pengisian daya masih di tempat yang sama. Di dekat lampu depan bagian kiri. Dengan tampilan gagah, namun dimensi yang tergolong kompak ini memiliki ground clearance dan bodi yang tinggi. Meskipun terlihat lebih jangkung, namun mobil ini cukup enak untuk ngebut.

Bahkan cenderung lebih stabil ketika berada di tikungan-tikungan. Hal tersebut bukan merupakan suatu yang aneh, melihat dari spesifikasi kaki-kaki yang dimiliki. Dilengkapi dengan roda berdiameter dan profil lebih lebar.

Kelebihan Hyundai KONA Electric

Kelebihan dari mobil listrik ini adalah sebuah mobil yang user friendly. Dengan teknologi Shift By Wire dengan satu sentuhan pada konsol tengah kendaraan, akan membuat pergantian manuver menjadi mudah. Baik gerakan maju maupun mundur, juga dari posisi netral atau pada posisi parkir.

Dengan teknologi Regenerative Braking yang berguna menghentikan laju mobil dan energi dari pengereman yang digunakan untuk mengisi ulang baterai. Mengemudikan mobil listrik tidak susah, sama seperti mobil konvensional, malah cenderung lebih mudah. 

Fitur Mobil Hyundai KONA Electric

Bertransformasi dan berinovasi terutama pada fitur keselamatan, Hyundai KONA Electric kini dibekali dengan fitur Active Safety Features. Pertama ada fitur Lane Keeping Assist, dengan fungsi untuk menjaga agar mobil selalu berada di tengah-tengah batas marka antara kanan dan kiri.

Ketika mobil bergeser, maka fitur tersebut akan mengintervensi dengan mengembalikan mobil pada posisi semula atau ke tengah jalur. Kemudian ada juga fitur Lane Following Assist yang hampir sama dengan cara kerja Lane Keeping Assist.

Ada juga fitur untuk menjaga mobil dari potensi tabrakan di depannya, yaitu fitur Forward Collision Avoidance-Assist. Terakhir ada fitur Safe Exit Assist, di mana dapat menjaga penumpang maupun pengemudi tetap aman ketika membuka pintu mobil.

Spesifikasi Mobil Hyundai KONA Electric

Diciptakannya mobil listrik dengan tujuan sebagai kendaraan ramah lingkungan. Sebab tidak memiliki emisi gas buang sama sekali. Meskipun begitu, performa dari mobil ini tidak dapat dianggap enteng.

Torsi yang instan memang sudah menjadi karakter pada mobil-mobil listrik. Hal tersebut dikarenakan motor penggeraknya dapat mencapai torsi puncak, bahkan dimulai sejak pertama kali pedal akselerator diinjak.

Berbeda dengan mobil dengan mesin yang melakukan pembakaran internal. Mobil tersebut harus mencapai RPM tertentu untuk mendapatkan hal tersebut. Tarikan mobil akan terasa ringan ketika diajak melaju yang dari posisi semula diam atau pada saat keluar dari tikungan.

Mesin Mobil Hyundai KONA Electric

Hyundai KONA Electric merupakan motor listrik dengan Permanent Magnet Synchronous Motor atau PMSM. Mampu menghasilkan tenaga tertinggi hingga 100 kw atau 134,1 Hp.

KONA Electric yang menang dalam urusan torsi, model Crossover ini memiliki torsi puncak hingga 395 Nm yang tergolong besar.

Jarak Tempuh, Kekuatan Mesin, Konsumsi Bahan Bakar Mobil Hyundai KONA Electric

Menurut PT Hyundai Motors Indonesia, jarak tempuh Hyundai KONA Electric adalah 305 km. Sebagai gambarannya, jarak Jakarta-Bandung yang ditempuh lewat tol adalah 150 km.

Jika klaim dari PT HMDI tersebut benar adanya, maka kemampuan baterai mobil ini akan sangat dapat diandalkan. Apalagi jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Dengan berbekal Permanent Magnet Synchronous Motor, dapat menghasilkan tenaga hingga 136 dk dan torsi 395 Nm.

Memang bukan menjadi rahasia bahwa baterai adalah komponen yang menentukan harga jual sebuah mobil listrik. Harga Hyundai KONA Electric memang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Sebab mobil ini memiliki kapasitas, power output, dan voltase dengan menggunakan baterai lithium ion polymer yang lebih unggul dari yang lain. Dengan pengisian daya yang relatif lebih singkat. Lalu untuk konsumsi energi Hyundai KONA Electric, sebanding dengan konsumsi BBM sebesar 61,6 km/l.

Akselerasi dan Daya Pacu dari Mobil Hyundai KONA Electric

Dalam sebuah percobaan, Hyundai KONA Electric melaju dengan kecepatan 120 km/jam pada jalur lurus dengan jarak maksimal 200 hingga 300 meter. Body mobil tetap stabil ketika dilakukan pengereman, ditambah dengan sedikit manuver pada tikungan tajam oleh pengemudi.

Dengan jantung pacu menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen, dengan efisiensi tinggi hingga 100 kqw yang disuplai baterai lithium ion 29.2 kWh. Motor kemudian mengembangkan torsi 395Nm yang didistribusikan ke bagian roda depan.

Suspensi, Ban, dan Rem Mobil Hyundai KONA Electric

Dalam memberikan sensasi berkendara, Hyundai KONA Electric dilengkapi dengan suspensi depan MacPherson Strut, pada suspensi belakang Multi Link, rem depan Ventilated Discs, serta rem belakang Solid Disc.

Kaki-kaki mobil sendiri dilengkapi dengan velg 7x17J berbalut ban 215/55R dalam ukuran 17 inci. Untuk sistem keselamatan mobil sudah dilengkapi dengan Anti Braking System plus Hill Start Assist serta Electronic Stability Control.

Eksterior Mobil Hyundai KONA Electric

Desain eksterior yang diusung oleh Hyundai KONA Electric merupakan model SUV dengan rancangan yang gagah dan berkesan modern. Hal tersebut dapat terlihat dari konsep dan desain dengan gaya modern, memiliki lekukan bodi yang penuh gaya.

Menampilkan kesan ekspresif yang dapat terlihat dari tiap sudutnya. Dimensional yang ideal untuk sekelas mobil SUV, dengan ukuran 4.180 x 1.800 x 1.570 mm dengan jarak sumbu antar roda 2.600 mm.

Jika dilihat dari dari sisi depan, mobil listrik ini menggunakan lampu LED yang sangat ramping dan unik. Dengan sudut presisi yang tajam, mampu menimbulkan kesan DNA SUV khas Hyundai Series.

Dengan adanya lampu LED, dipastikan akan memberikan pencahayaan yang lebih terang. Tentunya membantu visibilitas pengemudi secara jelas ketika berkendara, terlebih pada malam hari.

Dari bodi samping, sangat terlihat jelas lekukan desain yang mengisyaratkan gaya sporty. Spion yang dimiliki juga sudah menggunakan mekanisme elektrik yang mudah diatur.

Interior Hyundai KONA Electric

Secara desain, mobil listrik ini mengusung desain pada kebanyakan mobil SUV bermesin. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa spek dalam kabin Hyundai KONA Electric tersebut.

Dengan ukuran kabin yang cukup lega dalam kapasitas 332 liter. Luas tersebut tentu didukung dengan dimensi bodi yang berukuran besar, sehingga ruang pada kabin menjadi terasa lapang.

Apabila kursi belakang dilipat, maka kapasitas bagasi menjadi 1.114 liter. Hal tersebut membuat mobil ini dapat digunakan untuk membawa barang cukup banyak ketika akan liburan atau mudik.

Untuk jumlah kursi yang tersedia berjumlah 5 kursi. 2 buah di depan, dan 3 di bagian belakang. Dengan ruang kaki yang cukup lega, sehingga akan membuat kaki leluasa untuk bergerak.

Pada bagian dashboard mobil ini kecanggihan teknologi disematkan. Dashboard dengan balutan warna hitam dop tersebut disematkan HUD atau Heads Up Display Combiner. Teknologi dari Hyundai tersebut hadir sebagai kecanggihan teknologi hiburan, sehingga mampu membuat perjalanan Anda terasa menyenangkan.

Dengan adanya layar HUD yang sangat simple, namun penuh dengan inovasi ini mampu memproyeksikan gambar virtual ke panel transparan. Pemasangannya berada di belakang panel sehingga pengemudi tetap dapat memperhatikan jalan.

Terdapat juga sistem pengaturan AC Digital, sistem infotainment, serta fitur penunjang konektivitas yang terintegrasi dengan smartphone.

Pada ruang kemudi pun telah tersemat Digital Instrument Cluster yang cukup inovatif dalam memberikan informasi kepada pengemudi. Seperti informasi mode berkendara, pantauan aliran daya ketika mobil digunakan, serta ketersediaan daya baterai.

Top