Renault Kiger Spesifikasi dan Harga

Review Renault Kiger 2021 | NCS

PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) telah resmi melakukan soft launching Renault Kiger untuk pasar Indonesia pada Jumat (27/8/2021) sore. Mobil yang mengisi segmen B SUV Compact ini diklaim memiliki fitur yang banyak dan kekinian.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mesti waspada dengan kehadiran mobil baru ini. Renault Kiger menjalani debut di dunia pada tanggal 28 Januari 2021. Compact SUV ini punya tampilan yang tak jauh berbeda dengan versi konsep sebelumnya.

Kiger dibangun di atas platform CMF-A+ yang juga digunakan pada Renault Triber dan Nissan Magnite. Bukan hanya platform, tapi mesin Kiger juga sama persis seperti yang digunakan wakil Nissan tersebut.

Di India, Kiger ditawarkan dalam dua jenis mesin, yaitu 3-silinder 1.000 cc naturally aspirated dan 3-silinder 1.000 cc turbo.

Melalui sebuah video singkat yang diunggah Renault Indonesia di media sosial, konsumen Tanah Air kebagian mesin yang dilengkapi turbo sekaligus transmisi otomatis XTronic CVT. Bagi yang ingin membeli Renault Kiger, ada soft launch hingga November 2021 mendatang. Harga yang ditawarkan mencapai Rp278 juta.

Berdasarkan informasi dari Instagram resmi Renault Indonesia, Renault Kiger disebutkan sudah bisa dipesan di diler resmi Renault di Indonesia.

Kiger yang mengisi segmen SUV (Sport Utility Vehicle) kompak ini bersaing kuat dengan beberapa pesaing di kelasnya. Selain Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, ada juga Kia Sonet dan Nissan Magnite.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai Renault Kiger dari bagian eksterior, interior, dan fitur yang disematkan pada mobil ini.

Eksterior Renault Kiger

Tampilan Renault Kiger terlihat bongsor sebagai mobil SUV kompak.

Jika dibandingkan dengan model Renault lainnya, Kwid dan Triber, Kiger punya dimensi lebih besar. Panjangnya mencapai 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.605 mm, serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 205 mm.

Mobil ini memiliki beberapa perubahan kecil dari konsep awal seperti di bagian grillnya yang sedikit diubah serta ada lambang Renault yang menonjol.

Lambang tersebut diapit oleh lampu LED ramping yang posisinya lebih rendah dari tampilan konsepnya.

Jika dilihat eksterior Kiger secara seksama, terlihat futuristik dengan disematkan gril khas mobil baru besutan Renault. Gril tersebut ‘dikawinkan’ dengan lampu depan bertingkat beserta teknologi LED.

Lampu depan ini dapat memberikan pencahayaan yang terang saat mobil berkendara di malam hari atau cuaca berkabut. Di bagian atas, disematkan Daytime Running Light (DRL), sedangkan pada bagian bawah, terdapat lampu utama Tri-Octa LED.

Beralih ke bagian samping, terlihat eksterior Kiger memiliki aura yang kuat sebagai SUV. Ada kombinasi dari over fender berwarna hitam, side body moulding, serta penggunaan velg (pelek) two-tone berukuran 16 inci.

Auranya semakin diperkuat dengan adanya penggunaan roof rack yang berfungsi untuk mengangkut barang bawaan di atas mobil hingga 50 kg.

Selain itu, adanya perubahan dari konsep awalnya dimana rak atap mobil ini memakai desain lebih tradisional.

Pada bagian belakang Kiger, sudah dilengkapi dengan bumper yang berukuran besar dan dilapisi dengan rear skid plate berwarna silver.

Tak hanya itu, bagian belakang mobil ini juga mempunyai ciri khas berupa lampu sorot LED beserta lampu berbentuk "double C".

Keunikan lainnya pada Kiger terdapat pada jendela belakang yang dibuat miring, spoiler terintegrasi di atap mobil ini, serta kaca spion meruncing yang didesain seperti sayap pesawat.

Tampilan mobil tersebut pun terkesan modern berkat disematkan antena shark fin. Sebagai informasi, antena ini berfungsi menangkap sinyal radio, data seluler, serta GPS (Global Positioning System).

Sinyalnya kemudian dikonversikan ke dalam head unit yang ada di dalam mobilnya. Dengan adanya antenna tersebut, pengemudi dan penumpang tidak akan merasa bosan karena dapat mendengarkan musik selama perjalanan.

Interior Renault Kiger

Interior Renault Kiger menarik untuk dibahas. Interior mobil ini didesain seperti mobil lain yang satu merek, yaitu Triber. Desain interior Kiger cukup keren serta kokoh berkat adanya beberapa lekukan tegas dari bagian door trim hingga dasbor mobil.

Kabin mobil tersebut dinilai lebih premium dibandingkan dengan model Renault lainnya. Kiger mengusung desain yang futuristik dibalut dengan konsep minimalis.

Selain itu, Renault Kiger dibuat dengan kekuatan diatas Nissan Magnite sehingga Kiger lebih tinggi, serta keduanya mempunyai beberapa fitur mirip.

Ruang kabin Kiger terasa cukup lega sehingga dapat menampung lima orang penumpang atau empat penumpang dewasa. Jok kursinya sendiri sudah memakai material berkualitas sehingga jok tersebut terasa nyaman saat diduduki.

Di bagian depan, dasbor Kiger seperti terlihat bersih. Terdapat head unit seluas 8 inci yang desainnya cukup menarik, serta kluster instrument 7 inci yang merupakan fitur baru dan dianggap eksklusif. Selain itu, juga fungsional bagi pengguna.

Pada bagian pengemudi, terdapat setir kemudi yang dipinjam dari Duster, tapi hanya mendapat perawatan kulit parsial. Kiger telah disematkan berbagai fitur canggih lainnya seperti sistem hiburan layar sentuh (touch screen) dan tampilan MID (Multi Information Display) yang serba digital.

Tak hanya itu, layar sentuh ini sudah mempunyai fitur Android Auto dan Apple CarPlay, sehingga pengguna bisa mendengar lagu kesukaan dari smartphone-nya saat berkendara.

Kepraktisan juga menjadi keunggulan SUV dengan platform CMFA+ ini. Kiger diklaim punya ruang penyimpanan yang banyak di kabin dimana total kapasitasnya sebesar 29 liter.

Tak ketinggalan, bagasinya bisa mencapai 405 liter sampai 879 liter jika kursi baris kedua dilipat. Pengguna pun bisa membawa barang dalam jumlah banyak dengan mobil ini.

Secara keseluruhan, interior Renault Kiger terkesan modern dengan dilengkapi berbagai fitur canggih. Bagasi mobil ini sendiri memudahkan pengguna saat ingin membawa barang banyak setelah belanja atau berlibur ke tempat jauh.

Fitur Renault Kiger

Renault Kiger diklaim sebagai Smart SUV terbaik di kelasnya karena memiliki kelebihan untuk fiturnya. Sebut saja, mobil ini sudah disematkan lampu depan tri-octa LED headlamp, lampu belakang C-Shaped dengan LED, rear skid plate, serta twin sporty rear spoiler.

Menariknya, Kiger sudah tidak menggunakan kunci manual. Untuk menggantikan anak kunci keyless, Kiger menggunakan Smart Access Card. Ini merupakan fitur yang sangat canggih dimana tidak disematkan di mobil lain kebanyakan.

Selain itu di bagian dalam Kiger, ada teknologi disematkan yang terdiri dari instrumen cluster digital, head unit 8 inci dan layar sentuh, Android Auto dan Apple CarPlay, sensor parkir depan dan belakang untuk memudahkan pengemudi saat parkir, serta filter udara untuk menyaring partikel 2,5 mikron agar pengemudi dan penumpang dapat bernafas dengan sehat.

Untuk menambah kenyamanan pada pengemudi dan penumpang, Renault Kiger juga dibekali sound system lansiran Arkamys 3D Auditorium dengan empat buah speaker dan empat buah tweeter.

Dengan demikian, mereka tidak akan merasa kebosanan selama perjalanan karena dapat mendengarkan musik dengan suara membahana di kabin.

Untuk fitur keselamatan, terdapat empat airbag sebagai fitur keselamatan standar di setiap mobil pada umumnya, ABS (Anti Lock Braking System), peringatan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang, sistem peringatan kecepatan yang tentunya berguna bagi pengemudi agar tidak terjadi kecelakaan, serta beragam fitur lainnya.

Dengan harga jual di bawah 300 juta, Renault Kiger memang layak disebut sebagai SUV terbaik dengan disematkan berbagai fitur canggih dan lengkap.

Mesin Renault Kiger

Renault Kiger hadir dengan mesin yang sama dengan Nissan Magnite.

Renault Kiger dibenamkan mesin dengan kapasitas sebesar 999 cc, 3 silinder, turbo yang mampu mengeluarkan tenaga 98,6 hp pada 5.000 rpm dengan torsi maksimum 152 Nm pada 2.200-4.400 rpm. Transmisinya otomatis CVT.

Untuk versi naturally aspirated-nya, hanya punya tenaga mesin 71 hp dan torsi 96 Nm.

Dengan demikian, dapat dikatakan performa mesin Renault Kiger lebih kuat dibandingkan performa Toyota Raize atau Daihatsu Rocky varian 1.000 cc turbo yang punya tenaga 96,6 Hp dengan torsi puncak 140,2 Nm.

Pada Renault Kiger, opsi mesin turbo punya pilihan transmisi manual selain XTronic CVT, sedangkan untuk versi naturally aspirated-nya, hanya tersedia pilihan transmisi manual yang dikombinasikan dengan semi otomatis AMT.

Spesifikasi Teknis Renault Kiger

  • Performa

    Jenis Bahan Bakar :Bensin
    Kapasitas mesin :999 cc
    Tenaga :99 hp
    Torsi :152 Nm
    RPM At Max Power :5000 RPM
    RPM At Max Torque :2200-4400 RPM
  • Kapasitas

    Kapasitas Bagasi :405 L
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar (liter) :40 L
    Jarak pijak roda depan :1536 mm
    Jarak pijak roda belakang :1535 mm
    Panjang :3991 mm
    Lebar :1750 mm
    Tinggi :1605 mm
    Jarak Sumbu Roda :2500 mm
    Ground Clearance :205 mm
    Jumlah Pintu :5
    Kapasitas Tempat Duduk :5 Kursi
  • Suspensi & Rem

    Jenis Rem Depan :Discs
    Jenis Rem Belakang :Drums
    Suspensi Depan :MacPherson Strut
    Suspensi Belakang :Twist Beam
    Jenis Shockbreaker :Coil Springs
  • Transmisi

    Jenis Transmisi :CVT
    Girboks :Variable Speed
  • Detil Mesin

    Mesin :1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
    Sistem Suplai Bahan Bakar :MPFI
    Jumlah Silinder :3
    Katup per Silinder :4
    Turbocharger/Supercharger :Turbocharged
  • Velg & Ban

    Velg alloy :Ya
    Cover Velg :Tidak
    Ukuran Velg Alloy :16 Inch
    Ukuran Ban :195/60 R16
    Jenis Ban :Radial
    Ukuran Velg :R16
  • Kemudi

    Power Steering :Ya
    Pengaturan Posisi Stir :Ya
    Kolom Kemudi :Tilt
    Jenis Kemudi :Electric Power
    Steering Gear Type :Rack & Pinion

Sales Mobil

Top