Tips Mengendarai Mobil Yang Aman di Jalan Tol

Tips Mengendarai Mobil Yang Aman di Jalan Tol

Bagi seorang pemula, melewati jalan tol merupakan hal yang begitu menantang. Jadi tidak jarang seorang pengendara pemula masih memiliki rasa gugup saat mengendarai. Namun dengan adanya jalan tol tersebut, para pengendara merasa bahwa perjalanan mereka semakin menyenangkan dan bisa menempuh waktu yang singkat.

Para pengendara juga tidak perlu khawatir akan mengalami kemacetan lalu lintas. Namun, meskipun membuat perjalanan lebih cepat, hal tersebut bukan berarti Anda bisa melintas di jalan raya dengan sesuka hati. Pastinya pengelola jalan tol akan memberikan batas kecepatan yang diperbolehkan kepada pengendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengingat saat ini sudah banyak terjadi kecelakaan di jalan tol lantaran pengendara tidak bisa mengendalikan kecepatan kendaraannya. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar lebih aman saat berkendara di jalan tol.

5 Tips Mengendarai Mobil di Jalan Tol

1.Patuhi Batas Kecepatan

Sama halnya di jalanan umum, mengemudi di jalan tol harus mematuhi batas kecepatan yang sudah ditentukan. Namun bedanya, batas kecepatan yang diperbolehkan pastinya lebih tinggi dibandingkan dengan jalanan di perkotaan. Jika Anda mengemudi di atas kecepatan yang diperbolehkan, maka bisa memicu terjadinya kecelakaan. Batasan tersebut tentunya sudah diatur agar bisa aman saat dilintasi oleh mobil.

2.Jaga Jarak

Salah satu kecelakaan yang terjadi di jalan tol yaitu kecelakaan beruntun. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda disarankan untuk bisa menjaga jarak aman dengan pengendara lainnya. Hal ini bisa Anda lakukan dnengan cara memperkirakan jarak antara kendaraan Anda dengan kendaraan di depan Anda yaitu minimal 3 detik. Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, maka Anda bisa menghindar dalam waktu 3 detik tersebut.

3.Sesuaikan Lajur Kendaraan

Saat berkendara di jalan tol, Anda juga harus menyesuaikan kendaraan dengan jalur yang tepat. Ada beberapa rambu yang harus dipatuhi oleh setiap pengemudi, salah satunya yaitu rambu agar para pengendara tidak berjalan di lajur sebelah kanan selama berkendara.

Untuk lajur kanan biasanya hanya diperuntukkan bagi pengemudi yang mendahului kendaraan lain di depannya. Jadi, jika Anda salah ketika memilih lajur kendaraan, maka bisa jadi menyebabkan permasalahan lain.

4.Hindari Rasa Capek dan Kantuk

Anda bisa merasa bosan dengan bentuk jalan tol yang lurus dan didukung dengan kecepatan yang harus dipenuhi. Hal tersebut dapat memicu timbulnya rasa kantuk atau melamun. Saat ini sudah banyak terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh seorang pengemudi mengantuk dan melamun, akibatnya mobil yang dikendarai keluar jalur. Bahkan, terkadang menabrak kendaraan lain di depannya.

Maka dari itu, jika Anda mulai merasa ngantuk, Anda bisa mengalihkannya dengan cara mendengarkan audio agar rasa kantuk bisa hilang.

5.Tidak Boleh Panik

Ketika dalam perjalanan Anda tiba-tiba mengalamai gangguan, maka diusahakan Anda untuk tidak merasa panik. Anda bisa langsung menyalakan sein ke pinggir jalan, tetapi jangan sampai Anda berhenyi secara mendadak.

Selama Anda mengikuti peraturan yang ada, maka berkendara di jalan tol tentunya akan aman. Bagi Anda yang yang ingin memotong jalan, jangan lupa untuk melihat spion terlebih dahulu dan selalu gunakan sabuk pengaman demi keselamatan Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan mengendarai mobil yang aman di jalan tol. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda, terutama para pengendara mobil di jalan tol.

  • 14 November 2021 |
  • Dilihat : 57 x
Top