Perbedaan Mobil SUV dan Crossover

Perbedaan Mobil SUV dan Crossover

Karena penampakan yang begitu mirip, membuat beberapa pencinta otomotif sering bertanya tentang beda antara mobil SUV dengan Crossover. Padahal antara kedua mobil ini terdapat segmen yang menjadi pembeda antara mereka.

Secara fisik SUV merupakan kendaraan roda empat yang dirancang dengan kenyamanan setara sedan namun spesifikasi engineering dan peformanya setara dengan jeep. Sedangkan Crossover merupakan kendaraan roda empat yang didesain mirip SUV namun ground clearance yang lebih rendah sehingga hanya cocok digunakan pada jalan kota saja.

3 Perbedaan Utama Mobil SUV dan Crossover

Secara fisik kedua mobil ini tidak terlalu jauh berbeda, namun secara penggunaan dan mesin sangatlah jauh berbeda. Berikut perbedaan antara mobil SUV dan Crossover :

1.Tujuan Pembuatan

Secara penciptaan mobil SUV dirancang dengan tujuan agar bisa melewati jalan yang rusak dengan mudah. Karena alasan itulah kenapa mobil ini dibekali dengan dengan ground clearence, suspensi yang tangguh, dan konstruksi bodi yang support goncangan.

Disisi lain terdapat jenis MPV yang lebih disukai publik karena kepraktisannya, namun tidak begitu kokoh jika dijalankan pada medan yang buruk. Bagian kolong yang cepat rusak apabila dibawa melintasi jalan buruk memicu timbulnya inovasi baru dalam dunia mobil yaitu gabungan antaran MPV dan SUV yang diberi nama Crossover.

Pembuatan Crossover dibekali dengan akses warna gelap berupa panel di bagian bawah bodi dengan tujuan untuk melindungi bagian bawah agar tahan akan goncangan dan hentakan. Tujuan lainnya ialah untuk menekan biaya pembuatan yang mahal pada SUV agar dapat meciptakan mobil dengan bentuk sama yaitu Crossover.

2.Mesin yang Digunakan

Mesin pada sebuah mobil sebenarnya tidak bisa menjadi patokan apakah mobil tersebut masuk kedalam kelas Crossover atau SUV. Karena pada penggunaannya mesin dibagi berdasarkan kelas yaitu small, medium, dan lerge.

Perbedaan yang mencolok mungkin hanya pada struktur mesin kedua mobil ini saja. Jika mesin pada Crossover monokok, maka mesin pada SUV memiliki struktur gabungan antara monokok dan ladder. Jadi secara keseluruhan mobil Crossover hanya didesain menyerupai SUV namun tidak dengan mesin setangguh SUV.

Pada umumnya, Crossover memiliki mesin yang sama dengan segmen MPV namun dengan mirip SUV. Tujuannya ialah untuk memenuhi tuntutan pasar akan keinginan mobil dengan style tangguh namun dengan harga bersahabat. Itulah yang menjadi cikal bakal kenapa terciptanya sebuah mobil Crossover.

3.Penampakan Tampilan

Salah satu cara paling mudah dan mencolok dalam membedakan kedua jenis mobil ini ialah dilihat dari tampilannya. Secara penampilan mobil Crossover dirancang dengan dimensi yang lebih kecil dan tidak dibekali dengan komponen untuk melintasi medan off-road seperti ban all terrain.

Sedangkan SUV yang merupakan kepanjangan dari Sport Utility Vehicle cenderung dirancang dengan dimensi bodi yang lebih besar dan dilengkapi dengan sistem penggerak all-wheel drive beserta komponen lainnya yang mendukung kegiatan off-road.

Sacara penampakan saja sudah bisa dilihat bahwasanya SUV terkesan lebih tangguh dan kokoh dibandingkan dengan Crossover.

Itulah beberapa perbedaan atara mobil SUV dan Crossover, bagi kamu yang awam pada dunia otomotif mungkin akan sedikit kebingunan mengani kedua mobil ini. Apalagi pada saat sekarang ini beberapa pabrik memiliki pemahaman tersendiri terhadap mobil SUV. Sebagai contohnya, pada awal pembuatan SUV dirancang dongan bodi terpisah namun semakin kesini SUV juga mengeluarkan sebuah mobil dengan bodi langsung.

  • , 17 Juli 2021
Top