Perbedaan Mobil Matik dan Manual

Perbedaan Mobil Matik dan Manual

Pada saat sekarang, mobil sudah dua model yaitu matic dan manual yang menjadi pertimbangan siapa saja yang ingin membeli sebuah mobil. Walaupun pada saat sekarang ini mobil matic lebih dicari daripada mobil manual karena penggunaannya yang lebih mudah. Namun, antara kedua model ini memiliki perbedaan yang menjadi kelebihan sekaligus kekurangan masing-masing.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa perbedaan antara mobil matic dan manual terlebih dahulu agar nantinya tidak salah pilih. Di bawah ini akan saya sebutkan perbedaan antara mobil matic dan manual.

Ulasan 6 Perbedaan Mobil Matic dan Manual

1.Harga

Sebagian orang yang ingin membeli mobil, permasalahan harga merupakan suatu pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Jika memang harus dibandingkan, maka harga antara mobil matic memang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual. Selain itu, biaya perawatan mobil matic juga terbilang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dapat dilihat dari harga komponen dan spare part mobil matic yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual.

2.Pengoperasian

Ini adalah perbedaan mendasar antara kedua mobil ini. Pada mobil matic hanya memiliki dua buah pedal yaitu rem dan gas, namun pada mobil manual memiliki tiga buah pedal yaitu rem, gas, dan kopling.

Selain itu, pada saat pengoperasian, pengemudi harus menginjak kopling terlebih dahulu ketika ingin melakukan perpindahan gigi. Namun pada mobil matic, Anda tidak perlu melakukan hal itu lagi karena perpindahan gigi pada mobil metic menggunakan alat yang bernama gearbox. Sehingga, kinerja tangan dan kaki pada mobil manual lebih banyak dibandingkan dengan mobil matic.

3.Konsumsi Bahan Bakar

Jika membicarakan bahan bakar, walaupun mobil matic termasuk ke dalam mobil keluaran baru, namun konsumsi bahan bakarnya dinilai lebih banyak dibandingkan dengan mobil manual. Beberapa pendapat mengatakan hal tersebut terjadi karena kerja mesin pada transmisi matic lebih besar dibandingkan dengan yang manual.

4.Akselerasi

Dibandingkan dengan mobil manual, mobil matic lebih memiliki transmisi yang rumit. Sehingga menyebabkan kebanyakan mobil manual memiliki tingkat transmisi yang lebih responsif dibandingkan dengan mobil matic. Transmisi yang responsif ini menyebabkan akselerasi pada mobil menual menjadi lebih cepat. Sebab itu, tidak heran hingga saat sekarang ini mobil manual masih dirancang untuk digunakan dalam ajang balapan mobil.

Namun karena perkembangan zaman dan teknologi, pada saat sekarang sudah ada beberapa mobil matic yang dirancang dengan transmisi yang hampir sama dengan mobil manual. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan transmisi yang lebih responsif pada mobil matic.

5.Kenyamanan Berkendara

Sebenarnya kenyamanan saat berkendara bukanlah suatu yang objektif untuk dinilai. Karena kenyamanan berkendara sifatnya subjektif dan berbeda-beda penilaian antara setiap orang. Walaupun demikian, jika dinilai secara umum maka banyak orang yang berpendapat bahwasanya mobil matic lebih nyaman dibandingkan dengan mobil manual.

Dari segi mengemudi mobil matic tidak membutuhkan banyak tenaga. Sehingga, pengendara tidak merasakan kelelahan yang ekstra seperti ketika menggunakan mobil manual. Namun jika dinilai dari kenyamanan sebagai penumpang dan jarak tempuh, banyak orang yang berpendapat mobil manual lebih baik karena konsumsi bahan bakarnya lebih minim.

6.Perawatan

Perbedaan lainnya antara kedua mobil ini adalah dari segi perawatan mobil. Dibandingkan dengan mobil manual, mobil matic memiliki biaya perawatan yang lebih mahal. Hingga saat sekarang ini, perawatan mobil matic mesti dilakukan di bengkel. Berbeda dengan mobil manual yang beberapa perawatannya masih bisa dilakukan secara mandiri, sehingga lebih minim biaya.

  • 17 November 2021 |
  • Dilihat : 38 x
Top