Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Direm Maupun Diam

Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Direm Maupun Diam

Para pemilik mobil selalu diharapkan untuk memperhatikan keadaan mobilnya karena jika ada tanda kecil saja maka bisa datang sebelum masalah terjadi. Kerusakan pada mobil bisa menjadi indikasi ketika kemudi mobil terjadi getaran. Alangkah baiknya Anda sebagai pemilik mobil selalu memperhatikan gejalanya, karena jika terjadi beda getaran maka beda juga penanganannya.

Maka dari itu, untuk mengembalikan mobil dalam kondisi yang prima, getaran mesin yang terasa memiliki cara yang berbeda untuk menanganinya. Getaran tersebut akan membuat Anda merasa tidak nyaman dalam berkendara. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Untuk itu, Anda diharapakan bisa mengatasi hal tersebut dengan mengetahui bagaimana cara untuk bisa menemukan masalah yang terjadi ketika ada kondisi setir mobil bergetar sendiri.

Engine Mounting yang Bermasalah

Masalah paling sering ditemukan adalah getaran pada setir mobil bisa saja terjadi ketika mesin idle (diam), direm, atau ketika mobil sedang melaju. Engine mounting ini merupakan salah satu komponen mobil yang bahannya terbuat dari karet, biasanya sering disebut dengan nama dudukan mesin. Engine mounting memiliki peran mencengkram mesin mobil sehingga posisi mesin mobil tetap stabil bahkan saat mobil bergerak. Jika terjadi masalah pada bagian ini, maka bisa saja getaran yang berasal dari mesin tidak bisa diredam dengan baik.

Biasanya ciri-ciri engine mounting bermasalah yaitu getaran akan terjadi ketika mesin menyala dan mobil dalam keadaan diam atau tidak dijalankan. Menurut Suwito, salah satu punggawa bengkel Sekawan Motor yang berada di Jl. Tole Iskandar, Depok, Jawa Barat mengatakan bahwa getaran yang terjadi pada kemudi mobil tersebut bisa menjadi tanda bahwa engine mounting terjadi masalah.

Selalu Cek Kaki-Kaki Mobil

Ketika terjadi setir mobil bergetar dalam keadaan jalan yang tidak rata dan melaju yang cepat, maka untuk penanganannya sedikit berbeda. Hal yang perlu dilakukan yaitu dengan spooring dan balancing pada bagian kaki-kaki kendaraan. Biasanya saat mobil melaju dalam kecepatan 100 km/jam bisa menyebabkan terjadinya getaran.

Maka dari itu, Anda bisa melakukan spooring dan balancing untuk mengetahui komponen apa saja yang berpotensi akan mengalami masalah. Beberapa komponen yang sering terjadi yaitu tie rod, rack steer, ball joint dan lainnya.

Terjadi Getaran Saat Pengereman

Pada saat Anda melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi dan tiba-tiba melakukan pengereman, lalu terjadi kemudi modil yang bergetar. Maka hal tersebut bisa jadi ada masalah pada sistem pengeremannya.

Seperti yang dijelaskan oleh Suwarno, seorang Technical dan Training Staff ERA(Emergency Roadside Assistance) Astra World mengatakan bahwa dalam kasus seperti yang telah disebutkan diatas kemungkinan yaitu dikarenakan oleh sistem pengereman. Hal lainnya yaitu adanya sistem rem, piringan dan rotor tidak rata. Hal yang sering terjadi biasanya pada piringan rem di bagian ban depan baik kanan atau kiri.

Cek Kondisi Vleg Mobil

Kondisi vleg yang penyok dan mengayun turun bisa mengakibatkan getaran pada setir kemudi mobil Anda. Hal tersebut tentunya akan membahayakan bagi Anda jika terus dibiarkan dalam keadaan yang lama. Ada baiknya jika Anda selalu mengecek kondisi vleg mobil dan menggantinya bila kondisinya sudah tidak layak untuk digunakan.

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai pertanda apa saja yang terjadi ketika setir mobil bergetar. Untuk Anda yang tidak paham betul mengenai kondisi ketika terjadi setir mobil bergetar, maka alangkah baiknya untuk membawa mobil Anda ke bengkel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Masalah setir mobil bergetar saat diam, direm bahkan berjalan tidak akan terjadi jika Anda rutin melakukan perawatan mobil. Segera lakukan perawatan mobil kesayangan Anda dengan layanan bengkel dari bengkel resmi atau dealer mobil yang menyediakan layanan service.

  • Penulis : Dewangga
  • Terbit : 16 Maret 2022
  • Pengunjung : 4073 x
Top