Penyebab Performa Mobil Menurun

Penyebab Performa Mobil Menurun

Mobil merupakan kendaraan roda 4 yang saat ini sudah banyak dimiliki oleh masyarakat pada umumnya. Salah satu hal yang diperhatikan oleh seseorang dalam membeli mobil yaitu performanya. Belakangan ini sudah banyak orang yang mengeluh dengan adanya masalah yang berkaitan dengan performa mobil.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil yaitu kondisi mesin mobil yang kurang bertenaga. Hal tersebut bisa menjadi salah satu masalah yang paling merepotkan bagi mereka yang memiliki mobil. Performa mobil lama kelamaan pasti akan menurun, apalagi jika mobil tersebut digunakan sehari-hari dan sering menempuh perjalanan jauh.

Untuk mobil yang normal biasanya memiliki tarikan yang mantap. Namun, untuk mobil yang mengalami masalah biasanya akan memiliki tarikan yang kurang, bahkan bisa sering tersendat. Nah untuk para pemilik mobil harus mengetahui apa saja penyebab dari menurunnya performa mobil.

Inilah 7 Penyebab Performa Mobil Menurun

1.Masalah di Bagian Mesin

Mesin mobil merupakan penggerak utama dari kendaraan. Mesin yang dalam keadaan terlalu panas bisa menyebabkan terjadinya penurunan performa suatu kendaraan. Oleh karena itu,  penyebab dari menurunnya performa mobil bisa saja terjadi pada mesin.

2.Kualitas Bahan Bakar

Sebenarnya angka oktan pada masing-masing jenis bahan bakar itu berbeda. Jadi semakin tinggi angka oktan tersebut, maka bahan bakarnya akan semakin bagus. Usahakan untuk menggunakan bahan bakar yang paling bagus karena perbedaan dari kualitas bahan bakar menjadi salah satu masalah yang bisa membuat mesin mobil menjadi menurun.

3.Masalah Pada Filter Udara

Filter udara ini memiliki fungsi sebagai penyuplai oksigen untuk mesin. Filter udara ini harus selalu dalam keadaan yang baik, karena oksigen yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran. Ketika filter udara ini dalam keadaan kotor, maka yang terjadi yaitu adanya penyumbatan atau hambatan pada aliran udara yang menyebabkan mobil kurang bertenaga.

4.Masalah Pada Komponen Pengapian

Menurunnya performa mobil bisa terjadi karena adanya masalah pada busi yang menyebabkan proses pengapian mesin tidak terkendali. Banyak sekali masalah yang terjadi pada busi mobil itu sendiri, misalnya kabel busi yang kotor atau sudah usang.

5.Masalah Pada Filter Bahan Bakar

Sama halnya dengan filter udara, filter bahan bakar ini berfungsi dalam menyuplai bahan bakar. Penting bagi Anda untuk selalu menjaga filter bahan bakar dalam keadaan baik. Di saat bahan bakar tersumbat atau kotor, efek yang akan didapat yaitu bahan bakar akan terganggu sehingga menyebabkan performa mobil menurun.

6.Tekanan Angin Pada Ban

Pemilik mobil harus selalu mengecek kondisi ban mobil secara berkala. Jika tekanan angin pada ban Anda berkurang, maka bisa dipastikan ban akan mengalami tingkat gesekan yang tinggi. Biasanya, setiap kendaraan memiliki tekanan angin ban yang sudah direkomendasikan oleh para produsen ketika Anda membeli mobil.

7.Kondisi Cuaca

Pada saat suhu udara luar dalam keadaan tinggi, maka kandungan oksigen menjadi tidak terlalu padat. Hal tersebut membuat mesin mengalami kekurangan oksigen yang menyebabkan kinerja mesin menjadi menurun. Dalam hal ini, oksigen sangat dibutuhkan untuk melakukan proses pembakaran di dalam silinder. Jadi, semakin padat kandungan oksigen, maka performa pada mesin akan menjadi semakin baik.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab terjadinya performa mobil menurun. Perlu diketahui bahwa akselerasi akan terasa lamban dan penggunaan bahan bakar akan menjadi boros ketika performa mesin mobil Anda menurun. Semoga informasi yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

  • 1 Agustus 2021 |
  • Dilihat : 56 x
Top