Komponen Mesin Mobil Dan Fungsinya

Komponen Mesin Mobil Dan Fungsinya

Komponen mesin mobil merupakan sistem pada mesin yang berperan dalam melakukan kinerja pergerakan. Di dalam mesin mobil terdapat beberapa komponen yang bertugas dalam mengubah sumber energi panas menjadi energi gerak. Sistem inilah yang bekerja dalam menjalankan mobil sehingga dapat bergerak dan melaju.

Bagian-Bagian Penting Komponen Mesin Mobil

Komponen dalam mesin mobil memiliki banyak fungsi. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam menggerakkan mesin mobil. Berikut komponen mesin mobil dan fungsinya :

1.Kepala Silinder

Kepala silinder merupakan komponen utama yang berada pada blok silinder. Posisinya bertepatan pada blok silinder bagian atas yang terpasang dengan baut yang diberi gasket.

Di dalam kepala silinder terdapat sebuah mekanisme valve train yang berfungsi sebagai pengatur posisi valve agar membuka dan menutup. Pada kepala silinder ini juga terdapat sebuah ruangan bakar yang menjadi dudukan dari busi dan mekanisme ketup 4 tak.

2.Blok Silinder

Blok silinder merupakan bagian yang berbeda di bawah kepala silinder. Antara blok silinder dan kapala silinder terdapat sebuah mantel pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan busi.

Blok silinder sendiri memiliki fungsi sebagai rumah dari bagi silinder. Pada blok silinder ini terdapat beberapa silinder dan setiap silinder tersebut memiliki satu piston. Pada ujung piston tersebut terdapat poros engkol yang bergerak naik turun dan berfungsi untuk menggerakkan engkol.

3.Silinder

Silinder merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengubah energi panas menjadi tenaga mekanik. Komponen inilah yang bertugas dalam menggerakkan mobil, sehingga apabila terjadi kebocoran gas pada bagian ini akan menyebabkan kurangnya tenaga pada mobil.

4.Piston

Piston merupakan komponen yang berhubungan dengan proses pembakaran pada mobil. Komponen ini merupakan salah satu yang paling berperan dalam mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik. Oleh sebab itu piston membutuhkan ketahanan pada panas dan tekanan yang tinggi.

Karena fungsi piston yang sangat penting tersebut membuat piston menjadi komponen utama dalam mesin mobil atau bisa dikatakan sebagai jantung mobil. Tenaga yang dihasilkan dari gerakan naik turun pada piston inilah yang berperan dalam menggerakkan mobil.

Oleh sebab itu, apabila terjadi kerusakan pada bagian piston ini akan membuat mobil kehilangan tenaga bahkan tidak bisa berjalan.

5.Batang Piston

Bagian ini merupakan penghubung antara piston dan bagian poros engkol. Batang piston berfungsi sebagai penyalur energi yang diterima piston ke batang engkol. Sehingga energi yang diterima piston tersebut bisa menjadi energi gerak akibat dari dorongan batang piston.

6.Ring piston

Ring piston merupakan sebuah besi kecil yang ada pada piston. Walaupun terkesan sepele namun ring piston memiliki fungsi yang besar yaitu untuk menahan dan merapatkan piston agar tidak terjadi kebocoran gas saat mesin bekerja. Selain itu ring piston juga berfungsi sebagai penahan oli agar tidak masuk kedalam ruang pembakaran.

7.Poros Engkol

Bagian ini memiliki fungsi sebagai pengubah gerak piston yang awalnya lurus menjadi gerak memutar. Gerakan memutar ini nantinya akan disalurkan kebagian roda yang merupakan proses dari pergerakan mobil.

8.Karter

Ini merupakan komponen yang terletak pada bagian bawah blok silinder. Karter merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai penampung pelumas yang ada pada mobil. Pelumas atau oli yang ditampung oleh karter inilah yang nantinya akan digunakan oleh mesin dalam menjaga kinerja mesin agar menjadi lebih halus dan licin.

Itulah komponen yang ada pada mesin mobil yang berfungsi sebagai penggerak mobil. Semua komponen tersebut memiliki fungsi yang saling terhubung sehingga kerusakan pada satu bagian akan mempengaruhi bagian lainnya.

  • , 11 Juli 2021
Top