Inilah yang Perlu Dilakukan Agar Aki Mobil Awet

Inilah yang Perlu Dilakukan Agar Aki Mobil Awet

Aki berfungsi sebagai penyuplai daya listrik pada semua komponen-komponen mobil yang membutuhkan listrik untuk bisa bekerja. Tanpa adanya suplay daya, komponen-komponen tersebut tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Karena besarnya fungsi aki, mengharuskan untuk dirawat secara berkala agar bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara merawatnya, simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

Ulasan 6 Tips Agar Aki Mobil Awet

1.Rawatlah Aki Secara Berkala

Melakukan perawatan aki secara berkala sangat penting untuk dilakukan. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan secara rutin dan berkala. Tujuannya, agar kondisi aki bisa dipastikan masih dalam keadaan baik atau tidak.

Jika kondisi aki sudah tidak bagus, maka perlu melakukan perbaikan dengan cara menyervisnya. Contoh kerusakan yang biasa terjadi pada aki adalah munculnya keretakan, kabel mengelupas, atau tutup aki yang longgar.

Jika yang digunakan merupakan aki kering, maka pemeriksaan secara rutin dan berkala tidak begitu penting. Tapi hal ini jauh berbeda jika yang digunakan merupakan aki basah, karena kondisinya harus selalu dicek. Salah satunya adalah memastikan kalau air aki masih berada pada garis indikator normal. Jika air aki sudah kurang, perlu melakukan  penambahan air sehingga komponen bagian dalam aki tidak rusak.

2.Panaskan Mobil Secara Berkala

Banyak orang yang tidak menyadari kalau mobil yang tinggal dalam waktu lama dan tidak pernah dipanaskan bisa mengakibatkan kerusakan pada aki. Oleh karena itu, usahakan untuk sesekali memanaskan mobil dengan cara menjalankannya meskipun tidak digunakan. Tujuannya, agar arus listrik pada seluruh komponen mobil lebih stabil, sehingga tidak akan langsung membebani aki ketika mobil akan digunakan kembali. Untuk memanaskan mobil tidak perlu menggunakan waktu lama, cukup 5-10 menit saja.

3.Lepaskan Kabel Aki Ketika Mobil Tidak Digunakan

Jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya kabel aki dilepaskan. Tujuannya, agar arus listrik terputus secara total dan tidak terjadi pengaliran listrik secara terus menerus yang bisa mengakibatkan aki menjadi tekor dan soak.

4.Matikan Seluruh Perangkat Elektronik Ketika Mobil Tidak Digunakan

Poin penting berikutnya yang juga penting untuk diperhatikan adalah memastikan seluruh perangkat elektronik pada mobil mati ketika mobil dimatikan. Hal ini penting, agar saat mobil akan kembali digunakan, aki hanya mengeluarkan arus listrik yang terfokus pada starter saja. Dengan begitu, beban yang harus ditanggung aki jadi lebih ringan.

5.Gunakan Aki dengan Kualitas Terbaik

Salah satu cara agar aki lebih awet digunakan adalah dengan menggunakan aki yang berkualitas. Disebut berkualitas, karena aki tersebut diproduksi oleh pabrik yang sudah terkenal kualitas hasil produksinya. Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan aki kering saja, karena tidak membutuhkan perawatan berkala sebagaimana yang harus dilakukan pada aki basah.

6.Jangan Gunakan Aki Dalam Kondisi Mesin Mati

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan sebagian orang adalah menghidupkan AC dalam keadaan mesin mobil tidak menyala. Padahal, penggunaan aki dalam kondisi mesin tidak menyala akan mengakibatkan aki lebih cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan ini jika tidak ingin mengganti aki mobil dalam waktu cepat.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang perlu Anda lakukan agar aki mobil awet pada postingan kali ini. Dengan menerapkan tips yang disebutkan di atas, dijamin aki mobil Anda lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Semoga bermanfaat.

  • Penulis : Dewangga
  • Terbit : 27 Januari 2022
  • Pengunjung : 623 x
Top