Inilah Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Suspensi pada sebuah mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan rasa nyaman ketika berkendara. Pasalnya, suspensilah yang langsung merasakan getaran yang diakibatkan oleh kondisi jalan. Jika suspensi mobil bagus, getaran tersebut bisa teredam dan pengendara tetap merasa nyaman di dalam mobil.

Sebaliknya, jika suspensi mobil kurang bagus, getaran yang diakibatkan oleh kondisi jalan akan begitu terasa. Sehingga, pengendara merasa kurang nyaman akibat getaran tersebut. Nah, di sinilah letak pentingnya keberadaan suspensi mobil yang bagus dan berkualitas.

Detail Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Berbicara lebih lanjut mengenai suspensi mobil yang terasa kurang nyaman, tentu saja ada penyebab terjadinya hal tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa penyebab suspensi terasa kurang nyaman dan cara mengatasinya.

1.Masa Pakai Habis

Salah satu penyebab mengapa suspensi mobil terasa kurang nyaman adalah masa pakai yang telah habis. Saat masa pakai suspensi mobil sudah habis, biasanya oli yang ada di dalam suspensi tersebut akan habis akibat kebocoran. Tidak heran jika suspensi mobil mengeras dan terasa tidak nyaman.

Untuk mengetahui apakah oli suspensi bocor atau tidak, lihat saja secara langsung di bagian suspensi. Jika terlihat adanya debu yang menempel pada badan suspensi, maka besar kemungkinan memang telah terjadi kebocoran.

Jika kondisinya seperti ini, Anda tinggal membawa mobil tersebut ke bengkel khusus shockbeker untuk melakukan pergantian suspensi yang baru. Tapi jika montir yang menangani mobil Anda memiliki instruksi tertentu, sebaiknya percayakan kepadanya.

2.Mobil Sering Melewati Jalan Berlubang

Jika Anda sering mengendarai mobil melewati jalanan yang berlubang, kondisi suspensi lambat laun akan memburuk karena harus bekerja ekstra keras menahan beban dan goncangan. Tidak heran jika suspensi mobil terasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika mobil yang Anda gunakan merupakan jenis sedan atau hatchback, yang biasanya memiliki usia yang lebih pendek dari jenis SUV atau MPV.

Untuk mencegah kerusakan pada suspensi saat melewati jalan berlubang, maka Anda mesti bersabar ketika melintasi jalan yang kondisinya seperti itu. Kemudikan mobil secara perlahan dan tidak tergesa-gesa, agar suspensi tidak terbebani oleh sentakan dan goncangan. Dengan begitu, suspensi mobil beserta komponen lainnya akan lebih awet dan tahan lama.

3.Pemasangan Upper Mounting yang Tidak Tepat

Penyebab berikutnya sehingga suspensi mobil tidak nyaman adalah pemasangan upper mounting yang kurang tepat. Akibat salah dalam pemasangan, suspensi berada pada tempat yang tidak semestinya, bahkan bergeser. Jika kondisinya sudah demikian, jangan heran jika kinerja suspensi kurang maksimal dan terasa kurang nyaman.

Olehnya itu, Anda mesti memastikan kalau bagian upper mounting pada mobil sudah terpasang pada posisi yang tepat. Lakukanlah pemeriksaan untuk memastikannya. Jika memang posisinya kurang pas, segera saja perbaiki posisinya.

4.Ball Joint Rusak

Komponen mobil yang satu ini berfungsi sebagai penghubung antara ban dengan suspensi. Tugasnya adalah untuk menyerap sebagian guncangan yang bersumber dari jalan. Jika ball joint rusak, Anda bisa mengetahuinya dari bunyi yang terdengar seperti besi yang beradu ketika mobil sedang berbelok.

Untuk memastikan dengan lebih jelas, sebaiknya Anda mendongkrak mobil lalu menggoyangkan bagian ban secara menyilang. Jika ternyata ada satu ban mobil yang bergoyang, pertanda ball joint pada ban mengalami kerusakan.

Demikianlah beberapa penyebab suspensi mobil tidak nyaman dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Semoga ulasan ini bermanfaat, khususnya bagi Anda yang mungkin mengalami gangguan tersebut tapi bingung dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

  • Penulis : Dewangga
  • Terbit : 6 Februari 2022
  • Pengunjung : 230 x
Top