Inilah 7 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Inilah 7 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Sebagai pengguna kendaraan baik itu motor maupun mobil tentu butuh pengetahuan agar Anda aman selama mengendarai kendaraan. Karena itulah dalam penggunaan kendaraan bermotor kita di atur oleh undang-undang dan diwajibkan untuk memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi).

Namun kita juga harus sadar bahwasanya jalan yang kita lalui bukanlah milik kita pribadi. Sehingga kita harus memiliki etika dalam berkendara agar sesama pengguna jalan merasa aman.

Kecelakaan di jalan ternyata merupakan salah satu penyebab kematian paling banyak termasuk di Indonesia sendiri. Oleh sebab itu, sebagai pengguna jalan kita wajib mengetahui dan patuh kepada rambu-rambu lalu lintas.

Detail Ulasan 7 Tips Berkendara Aman di Jalan Raya

Dalam berkendara dan menggunakan kendaraan di jalan raya, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui agar aman di jalan raya. Berikut beberapa tips tersebut:

1.Periksa Kondisi Kendaraan

Dalam melakukan perjalanan di jalan raya, hal pertama yang harus Anda perhatikan sebagai pengendara ialah memastikan kondisi kendaraan Anda. Pemeriksaan kendaraan ini mungkin hanya sebatas kegiatan ringan saja seperti mengecek persediaan BBM, tekanan ban, mesin mobil, hingga rem.

Hal ini berguna agar nantinya dalam melakukan perjalanan, kendaraan dapat Anda dapat melaju dengan baik dan tidak menggangu pengendara lain dalam perjalanannya.

2.Atur Posisi Mengemudi

Untuk pengendara khususnya mobil, alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan, Anda memastikan dan menyetel posisi kursi ketika mengemudi. Bagaimana pun hal ini sangat berpengaruh kepada kenyamanan dan penglihatan Anda selama berkendara di jalan raya. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara menjadi terjamin.

3.Pastikan Menggunakan Sabuk Pengaman

Sebagai pengguna kendaraan, penggunaan sabuk pengaman selain sebuah kewajiban juga berguna sebagai keamanan dalam berkendara. Memang sabuk pengaman dibuat untuk sebuah kecelakaan, namun fungsi sabuk pengaman bukan hanya sebatas itu saja.

Apalagi ketika Anda berkendara membawa mobil dengan anak kecil, maka sabuk pengaman ini sangatlah berguna agar anak tidak terbanting ketika melakukan pengereman.

4.Ikuti Arus Lalu Lintas

Sebagai pengguna jalan raya, Anda wajib menaati arus lalu lintas. Taatilah rambu-rambu lalu lintas yang ada agar Anda selamat di jalan.

Selain itu orang yang cenderung melanggar lalu lintas ialah mereka yang tergesa-gesa dalam berkendara. Perilaku seperti inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan di jalan raya.

5.Periksa Spion Mobil

Kaca spoin pada mobil diperuntukkan untuk pengendara mobil dalam melihat kondisi di sebelah samping mobilnya. Oleh sebab itu sebelum melakukan penjualan, setelah kaca spion agar posisinya pas dalam menampilkan sisi samping mobil.

Selain itu sering-seringlah melihat kaca spion terutama ketika ingin berbelok. Pasalnya sebagian pengendara mobil kita tidak akan mendengar dan mengetahui apakah ada pengendara lain di bagian sisi mobil. Biasanya hal ini terjadi pada pengendara motor yang suka melakukan menyalip mobil.

6.Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Berkendara

Walaupun menggunakan mobil terkesan hanya menggunakan kaki, namun sebagian pengendara dan penggunaan jalan raya Anda tentu membutuhkan konsentrasi agar laju kendaraan dapat dikendalikan.

Oleh sebab itu sangat tidak di anjurkan menggunakan ponsel dalam berkendara baik mobil maupun sepeda motor.

7.Beristirahat Ketika Lelah atau Ngatuk

Ngantuk merupakan salah satu penyebab terbanyak terjadinya kecelakaan, apalagi pada penggunaan mobil. Kurangnya gerak dan terpaan salam mengendarai mobil menjadi salah satu penyebab banyaknya kecelakaan pada pengguna mobil.

Oleh karena itu sangat diharapkan kepada pengguna kendaraan mobil agar berhenti sejenak untuk beristirahat jika mengalami kelelahan atau bisa mengunakan alternatif lain seperti mengganti sopir. Selain itu hindarilah perjalanan jauh di malam hari agar tidak terjadi kecelakaan akibat ngantuk di jalan raya.

Itulah beberapa tips yang harus diterapkan pengendara apabila ingin berkendara dengan aman dan nyaman di jalan raya. Sebagai pengguna kendaraan, bijaklah dalam menggunakan jalan raya agar keselamatan diri Anda dan orang lain tidak terancam.

Top