Highlight Penutupan Resmi IIMS 2024 : 9 Mobil Listrik Terbaik

Highlight Penutupan Resmi IIMS 2024 : 9 Mobil Listrik Terbaik

Pada tanggal 15 hingga 25 Februari, panggung otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, kembali menyita perhatian di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Seremoni penutupan yang digelar pada 14 Februari, dipimpin oleh Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, menjadi momen penutup yang meriah bagi acara yang telah mencatatkan berbagai prestasi luar biasa.

"Penyelenggaraan IIMS 2024 berhasil menjadi pusat perhatian pecinta otomotif Tanah Air. Sebanyak 188 peserta, termasuk 53 brand roda dua, roda empat, dan kendaraan listrik, telah meramaikan pameran ini," ungkap Daswar, merujuk pada keberhasilan penyelenggaraan acara yang berhasil menarik minat pengunjung dari berbagai kalangan.

Tak hanya sebagai ajang pameran, IIMS 2024 juga menjadi ajang transaksi yang sangat produktif. Dalam kurun waktu sembilan hari, transaksi yang terjalin di dalamnya mencapai angka fantastis, mencapai Rp 3,1 triliun. Kesuksesan ini juga menjadi cermin prestasi bagi berbagai peserta IIMS 2024, termasuk mereka yang memperkenalkan inovasi terbaru dalam dunia otomotif, seperti mobil listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV).

Tercatat, ada sepuluh produk mobil listrik terbaik yang berhasil mencuri perhatian selama pergelaran IIMS 2024 dari berbagai segmen kendaraan. Mulai dari kelas medium SUV hingga city car, berbagai merek mobil listrik unggulan turut memeriahkan acara. Namun, yang menarik perhatian adalah dominasi merek-merek asal China dalam daftar tersebut, sementara pabrikan Jepang dan Eropa hanya mampu menempatkan beberapa model dalam deretan mobil terbaik.

Berikut adalah daftar mobil listrik terbaik selama pergelaran IIMS 2024:

  1. Best Medium SUV: BYD Atto 3
  2. Best Big SUV: KIA EV 9 GT-Line
  3. Best Compact SUV: Omoda E5
  4. Best City Car: Wuling Air ev
  5. Best MPV: Maxus 9
  6. Best Sedan: BYD Seal
  7. Best Luxury EV: BMW i7
  8. Most Affordable Crossover EV: MG 4 EV
  9. Most Affordable EV: Wuling Binguo EV

Dari daftar mobil listrik terbaik tersebut, terlihat bahwa mobil listrik semakin mendapat perhatian yang besar dalam pasar otomotif Indonesia. Keberhasilan para peserta dalam memperkenalkan produk-produk inovatif ini juga menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya menjadi pasar yang menarik bagi produsen otomotif, tetapi juga sebagai panggung untuk memperkenalkan teknologi ramah lingkungan.

Dominasi merek-merek China dalam daftar tersebut juga menandakan perkembangan pesat industri otomotif China dalam mengadopsi teknologi ramah lingkungan. Namun demikian, keberadaan pabrikan Jepang dan Eropa dalam daftar tersebut tetap memberikan variasi dan pilihan bagi konsumen di Indonesia.

IIMS 2024 telah membuktikan diri sebagai ajang yang tak hanya memamerkan, tetapi juga menginspirasi dan memotivasi industri otomotif untuk terus berinovasi demi masa depan yang lebih berkelanjutan. Dengan demikian, harapan akan terus tumbuh untuk melihat perkembangan lebih lanjut dalam industri otomotif Indonesia yang semakin berkelanjutan dan inovatif.

  • Penulis : Dewangga
  • Terbit : 15 Maret 2024
  • Pengunjung : 145 x
Top