Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Ban merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan pada sebuah mobil. Kondisi ban sangat menentukan apakah sebuah mobil layak untuk turun ke jalan atau tidak. Selain itu, kualitas ban yang baik juga akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Oleh karena itu, para pemilik mobil seharusnya selalu memastikan kondisi ban dalam keadaan prima ketika akan menggunakan mobil tersebut.

Ban pada mobil memiliki peran untuk menopang daya angkut dan bisa memberikan kestabilan pada laju kendaraan. Maka dari itu, merawat ban mobil agar lebih awet merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sayangnya, banyak orang yang justru merawat ban mobil dengan cara yang tidak benar dan malah meningkatkan risiko kecelakaan.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka artikel berikut ini akan membahas tips bagaimana cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama.

Lakukan Pemeriksaan Tekanan Angin pada Ban Mobil

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan apalagi jarak jauh, pastikan untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil Anda. Lakukan pemeriksaan secara berkala, setidaknya sebulan sekali atau 2 minggu sekali untuk memastikan kondisi ban, termasuk jumlah tekanan angin yang direkomendasikan. Jika tekanan angin yang dilakukan terlalu keras, maka bisa mengakibatkan ban cepat halus dan sulit untuk dikontrol.

Lakukan Rotasi pada Ban Mobil

Melakukan rotasi ban mobil menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut bertujuan agar pemakaian ban bisa lebih tahan lama. Rotasi ban sendiri yaitu Anda memindahkan ban mobil dari satu sisi ke sisi lainnya. Biasanya, ban depan mobil lebih rentan terhadap gesekan yang menyebabkan ban cepat halus. Maka dari itu, sebelum permukaan ban mobil Anda halus, alangkah baiknya Anda melakukan rotasi ban depan dengan ban belakang.

Cek Kondisi Fisik Ban Mobil secara Berkala

Anda bisa melakukan pengecekan kondisi ban dengan melihat apakah kondisi ban bermasalah atau tidak, seperti adanya sayatan pada ban. Jika ada hal seperti itu, maka Anda harus membawanya ke bengkel karena bisa mengakibatkan daya tahan ban berkurang dan lebih parahnya lagi bisa membuat ban meledak.

Gunakan Ban yang Tepat

Anda harus memperhatikan jenis dan ukuran ban mobil yang akan digunakan. Pastikan ban mobil yang Anda gunakan sesuai dengan ukuran dan indeks dari ban mobil yang dianjurkan untuk jenis kendaraan Anda.

Barang Bawaan Secukupnya

Membawa barang sesuai dengan kebutuhan merupakan salah satu cara untuk merawat ban mobil Anda agar tahan lama. Ketika barang yang Anda bawa melebihi kapasitas, maka bisa mengakibatkan ban mobil Anda cepat rusak. Biasanya pada bagian ban ada kode yang berisi keterangan seberapa berat beban yang bisa ditahan oleh ban mobil tersebut.

Berkendara dengan Hati-hati

Pada saat Anda melakukan perjalanan dengan tidak hati-hati, maka hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap ketahanan ban. Apalagi jika Anda sering melakukan rem mendadak atau melewati tikungan tajam dengan tidak sewajarnya, tentu saja akan membuat ban mobil Anda cepat rusak. Untuk menjaga bentuk ban mobil Anda tetap awet, Anda bisa menghindari lubang di jalanan dan berkendara dengan hati-hati.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara untuk merawat ban mobil agar lebih awet dan tahan lama. Semoga informasi tersebut bisa menyadarkan Anda tentang pentingnya merawat ban mobil yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

  • , 7 Juli 2021
Top