Cara Menghentikan Laju Mobil Saat Ban Pecah

Cara Menghentikan Laju Mobil Saat Ban Pecah

Ketika melaju dengan kecepatan tinggi, ban pecah merupakan suatu momok yang sangat ditakuti oleh banyak pengendara. Pasalnya, peristiwa ini sangat beresiko apabila terjadi dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Rasa panik dan kurang pemahaman dari pengemudi mobil membuat peristiwa ini menjadi sangat berbahaya ketika dialami. Padahal, jika Anda selaku pengemudi mengetahui dengan baik bagaimana cara mengatasi peristiwa ini, maka kecelakaan yang dapat terjadi bisa diatasi dengan mudah. Oleh sebab itu, berikut ini tata cara menghentikan laju mobil saat ban pecah :

Lakukan Hal Ini Saat Ban Mobil Pecah Ketika Mobil Sedang Melaju

1.Jangan Panik

Penyebab utama kecelakaan ketika mengalami ban pecah saat mobil melaju adalah kepanikan yang dialami oleh pengemudi. Kepanikan ini akan memberikan respon spontan kepada pengemudi, sehingga dia akan cenderung membuat kesalahan dengan menginjak pedal rem secara tiba-tiba. Sebab itu, penting bagi Anda selaku pengemudi untuk mengendalikan kecemasan ketika mengalami peristiwa ban pecah saat mobil melaju. Tujuannya, agar Anda tidak salah mengambil tindakan yang beresiko menyebabkan kecelakaan.

2.Jangan Rem Mobil

Hal yang harus Anda hindari ketika mengalami ban pecah saat mobil melaju yaitu melakukan pengereman mendadak. Tindakan memberhentikan mobil mendadak ketika ban pecah merupakan suatu keputusan yang salah karena dapat membuat bobot mobil berpindah serta tertarik ke arah ban yang pecah. Dalam situasi ini, pengemudi akan kesulitan dalam memprediksi arah gerak mobil, apalagi posisi ban pecah yang tidak diketahui. Akibatnya, mobil akan kehilangan arah laju dan berkemungkinan untuk terpelanting karena mengalami slip.

3.Pastikan Kemudi Tetap Lurus

Ketika mengalami ban pecah saat mobil mejalu, pengemudi harus memastikan bahwasa mobil tetap berjalan lurus. Anda harus menahan setir mobil dengan kuat agar tidak tertarik ke arah ban yang pecah.

Jika ban yang pecah terjadi di bagian depan, maka Anda harus menahan laju mobil agar tidak berbelok. Berbeda ketika ban belakang yang pecah, kondisi ini relatif masih dapat dikendalikan karena kontrol mobil terdapat pada bagian depan.

4.Jangan Injak Kopling

Ketika Anda menginjak kopling, maka laju mobil tidak akan mengalami hambatan, sehingga membuatnya akan meluncur lebih cepat. Jika hal ini dilakukan ketika ban mobil pecah, maka Anda akan kesulitan dalam mengendalikan mobil. Oleh sebab itu, jangan sesekali menginjak kopling ketika mengalami ban pecah saat mobil melaju.

5.Turunkan Gigi Perlahan

Ketika mengalami ban pecah saat mobil melaju, maka tidak disarankan untuk memposisikan gigi ke netral. Pasalnya gigi netral akan membuat mobil menjadi melaju lebih cepat dibandingkan dengan kondisi gigi lainnya. Namun Anda perlu menurunkan posisi gigi ke yang paling rendah secara perlahan. Tujuannya, agar pertukaran posisi gigi yang terjadi dapat menahan laju mobil, sehingga secara perlahan mobil akan melaju lebih lambat seiring rendahnya posisi gigi.

6.Jangan Injak Pedal Gas

Hal yang harus kamu hindari dalam menghadapi ban mobil yang pecah saat mobil melaju ialah jangan menginjak pedal gas. Anda mesti membuat mobil berada pada posisi kecepatan paling minimum. Sehinggam kecepatan mobil dapat diturunkan dengan cara halus dan resiko sleep pada mobil juga turun. Sebab itu, jangan sesekali mencoba menginjak atau menambah laju mobil ketika mengalami ban pecah.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda lakukan saat ban mobil pecah ketika mobil sedang melaju. Ikuti saja tips-tips di atas jika mengalami kondisi di atas, niscaya Anda bisa melalui kondisi gawat tersebut dengan baik.

  • Penulis : Dewangga
  • Terbit : 22 Januari 2022
  • Pengunjung : 583 x
Top