Bahaya Berkendara dengan Kondisi Ban Mobil Kempes

Bahaya Berkendara dengan Kondisi Ban Mobil Kempes

Mengendarai sebuah mobil memang membutuhkan dukungan penuh seperti keadaan pengemudi yang prima serta kondisi mobil yang baik. Jika dua hal tersebut diabaikan maka besar kemungkinan terjadi resiko kecelakaan di jalan yang membuat banyak pihak dirugikan selain dari pengemudi sendiri.

Salah satu contohnya adalah ketika melakukan perjalanan dengan kondisi ban mobil kempes. Mengemudi dalam keadaan ini sangatlah beresiko tinggi dan seharusnya tidak boleh dianggap sepele.

Berikut 5 bahaya yang bisa saja terjadi ketika berkendara dengan kondisi ban mobil yang kempes.

Detail Ulasan 5 Bahaya Berkendara dengan Kondisi Ban Kempes

1.Rawan Kecelakaan

Hal pertama yang sudah jelas terjadi ketika melakukan penjalanan menggunakan mobil dengan kondisi ban kempes ialah rawan terjadi kecelakaan. Hal ini disebabkan oleh laju mobil yang tidak stabil dan oleng ketika dikendarai dengan keadaan ban kempes. Pengemudi pun akan kesusahan dalam mengendalikan mobil apabila dikendarai dengan keadaan kempes. Apalagi ketika membawa mobil dalam keadaan jalan yang tidak datar seperti menurun bahkan menanjak. Hal seperti inilah yang menjadi pemicu terjadinya sebuah kecelakaan baik secara tunggal maupun melibatkan kendaraan lain.

2.Ban Dapat Meletus Seketika

Mengendarai mobil dalam keadaan kempes atau kurang angin sangatlah berbahaya karena dapat menjadi salah satu pemicu ban meledak secara tiba-tiba. Kondisi angin pada ban yang kurang akan membuat beban tambahan pada karet ban, sehingga dapat membuatnya menjadi retak dan sobek. Hal seperti inilah yang menjadi pemicu awal ban meletus.

3.Boros Pemakaian Bensin

Sebagian pengemudi tidak menyadari bahwasanya ban kempes pada mobil juga menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan bahan bakar. Hal ini karena tekanan angin yang kurang membuat mobil bekerja dua kali lebih besar dari keadaan normal sehingga membutuhkan dua kali penggunaan bahan bakar. Hal inilah yang menjadi penyebab mobil lebih banyak menggunakan bahan bakar dari biasanya dan menjadi boros.

4.Penyebab Kerusakan Komponen Lain

Bahaya yang mungkin kurang disadari oleh pengemudi ketika mengendarai mobil dalam kondisi ban kempes yaitu keadaan tersebut dapat menjadi pemicu rusaknya komponen lain pada mobil. Mungkin pengemudi beranggapan bahwasanya ban kempes pada mobil hanya berlaku untuk ban saja, namun kenyataannya tidaklah demikian. Hal ini disebabkan karena kondisi ban yang kempes pada mobil akan membuat posisi laju mobil tidak stabil, sehingga dapat memicu pergeseran pada suku cadang mobil yang membuat kerusakan pada komponen-komponen mobil lainnya.

Hal ini akan menjadi lebih beresiko ketika keadaan ban yang kempes terjadi pada bagian depan mobil yang berfungsi sebagai pengarah mobil. Keadaan mobil yang berjalan dengan ban kempes akan lebih sulit dikendalikan dari keadaan normal. Hal seperti inilah membuat pengemudi kurang nyaman dalam berkendara sehingga memaksakan pengendalian agar kondisi mobil tetap stabil.

5. Rawan Tindak Kejahatan

Kondisi lain yang tidak disadari dari pengemudi ketika mengendarai mobil dengan keadaan ban kempes ialah tindak kejahatan. Memang hal ini terkesan sedikit mustahil, namun di kota besar banyak modus kejahatan yang dilakukan dengan mengempeskan ban mobil. Sehingga memicu pengendara untuk membawa mobil dengan lambat sehingga mudah di hadang. Tujuan lainnya ialah agar pengemudi melakukan pemberhentian dengan sengaja di tempat sepi, sehingga pelaku kejahatan lebih mudah melakukan aksi.

Itulah lima bahaya yang dapat kamu jumpai apabila berkendara dengan kondisi ban mobil kempes. Oleh sebab itu, pastikanlah bahwasanya kamu melakukan perjalanan menggunakan mobil dengan kondisi ban yang baik agar terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.

  • , 15 Juli 2021
Top