Alasan Tangki Bensin Tidak Boleh Kosong

Alasan Tangki Bensin Tidak Boleh Kosong

Beberapa pemilik mobil khususnya di Indonesia pasti pernah membiarkan tangki untuk bahan bakar mobil mereka dalam kondisi yang mepet atau bahkan kosong. Ada baiknya Anda menghindari perilaku seperti ini, sebab dampaknya cukup membuat Anda merasa tidak tenang. Banyak alasan tangki bensin tidak boleh kosong, salah satunya agar tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki kerusakan.

Apabila sering dibiarkan terisi seperempat tangki maupun kurang di waktu yang lama, maka akan mengakibatkan resiko korosi pada bagian yang tidak terendam bahan bakar. Inilah yang menjadi alasan tangki bensin tidak boleh kosong sebab sangatlah beresiko dan berbahaya. Adapun dampak negatif dari tangki yang kosong yaitu :

1.Tangki Lebih Mudah Kotor

Alasan tangki bensin tidak boleh kosong adalah karena titik-titik air bisa menjadi perantara dalam mengikat kotoran. Kotoran tersebut umumnya berasal dari bahan bakar yang belum diendapkan dengan maksimal.

Jika saringan (filter) bensin mempunyai banyak kotoran, bisa jadi filter bensin tersebut akan buntu serta menambah banyak masalah bagi mobil kesayangan Anda.

2.Tangki Bensin Mudah Berkarat

Apa alasan tangki bensin tidak boleh kosong bisa menyebabkan tangki berkarat? Hal ini karena pada saat tangki bahan bakar tersebut dalam kondisi kosong atau hampir kosong, potensi bensin menguap pun bisa terjadi.

Hal ini bisa menyebabkan munculnya titik-titik air dan akhirnya menempel pada tangki bensi. Jelas, bahwa air adalah zat perantara yang akan menjadikan besi berkarat karena adanya proses oksidasi.

3.Pompa Bahan Bakar Tidak Bekerja Secara Maksimal

Karena filter bahan bakar yang sangat kotor, sudah jelas pompa bahan bakar yang akan mendapatkan imbasnya. Pompa bensin yang harusnya bisa menyalurkan bensin dengan merata akan bekerja dengan tidak maksimal.

Anda akan merasakan bahwa performa mobil kesayangan Anda menurun serta bensin menjadi lebih boros. Apalagi jika terdapat kotoran yang tidak sengaja masuk pada pompa bensin tersebut, sudah jelas kerusakan pada bagian dalam mobil pun memiliki potensi yang besar.

4.Alat Pompa Bensin Menjadi Lebih Mudah Rusak

Pada bagian bawah tangki, terdapat alat yang berguna untuk mendistribusikan bahan bakar ke mesin. Alat tersebut dinamakan fuel pump. Jika tangki dalam keadaan yang hampir kosong, maka lama kelamaan alat tersebut bisa rusak sebab jumlah bahan bakar yang tersedia hanya sedikit.

Kerusakan alat ini lebih baik dihindari, sebab jika alat tersebut sudah rusak maka Anda harus merogoh kocek yang lumayan besar untuk memperbaikinya.

5.Kerusakan Pada Pompa Bensin Dapat Menyebar Ke Komponen Lain

Jika alat pompa rusak, maka ini akan memicu kerusakan bagian mesin yang lain. Misalnya pada bagian pengapian (injektor dan karburator). Jika fuel pump mengalami kerusakan, maka Anda harus berani menerima resiko bahwa pengapian yang bekerja untuk menggerakan mesin mobil Anda menjadi tidak dapat berfungsi secara optimal.

6.Konsumsi Bahan Bakar Menjadi Boros

Sebagian pemilik mobil yang cuek dan membiarkan tangki mereka nyaris kosong dengan anggapan bahwa takut akan boros. Namun anggapan tersebut sebenarnya salah. Perilaku tersebut malah akan menjadikan konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi boros dalam jangka panjang. Hal ini karena kendaraan Anda memerlukan tenaga ekstra dari bahan bakar untuk menggerakkan mesin.

Demikian beberapa alasan tangki bensin tidak boleh kosong yang sebaiknya Anda perhatikan. Pastikan selalu mengisi bahan bakar dengan rutin dan jangan membiarkan tangki bensin mobil dalam keadaan kosong.

  • Penulis : Dewangga
  • Terbit : 17 Februari 2022
  • Pengunjung : 254 x
Top